Al-Kisah Nabi Muhammad A.s

A. Kelahiran Nabi Muhammad S.A.W.
Penghulu kita, yaitu Muhammad adalah penutup para nabi. Beliau diutus oleh Allah kepada semua manusia, agar menyembah hanya kepada Allah, agar tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun. Beliau dilahirkan di Mekah pad a hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah. Ayah beliau bernama Abdullah, dan ibunya bernama Aminah.
Ayah beliau meninggal sebelum beliau lahir dan dikubur di Madinah. Ibunya meninggal dunia ketika beliau baru berumur 6 tahun di Abwa, sepulang menziarahi kubur ayahanda beliau. Selanjutnya beliau dipelihara oleh Ummu Aiman, seorang pembantu ayahandanya yang setia, dibawah tanggungan kakeknya Abdul Muthalib. Setelah ibunya meninggal, beliau disusui oleh Tsuwaibah AI Aslamiyah, kemudian oleh Halimatus Sadiyah.
Ketika beliau baru berumur 8 tahun, kakeknya meninggal dunia.
Selanjutnya beliau diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib. Pada waktu beliau berumur 9 tahun, diajaklah beliau oleh pamannya ke negeri Syam. Perjalanan beliau ini diketahui oleh seorang pendeta bernama "Buhaira" yang telah mengenal ciri-ciri kenabian beliau.
B. Muhammad memperoleh Gelar “AI Amiin”
Pada usia dua puluh lima tahun, beliau berdagang dengan membawa dagangan Siti Khadijah, seorang janda kaya. Dua bulan setelah itu beliau menikah dengan Siti Khadijah yang telah berumur 40 tahun. Ketika berumur 35 tahun, beliau bersatu dengan orang-orang Quraisy dalam perbaikan Ka'bah. Beliaulah yang memberi keputusan di antara mereka tentang peletakan AI Hajarul Aswad di tempatnya. Saat itu beliau sangat masyhur di antara kaumnya dengan sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintai beliau, hingga akhirnya beliau memperoleh gelar "AI Amiin," artinya orang yang dapat dipercaya.
C. Muhammad Diangkat Menjadi Rasul Allah
Bahwasanya Allah telah memelihara Nabi Muhammad dari amal¬amal orang Jahiliyah. Beliau senang menjauhkan diri dari pergaulan manusia ketika umurnya hampir 40 tahun. Beliau senang beribadah di gua Hira.' Ketika beliau berumur 40 tahun, Allah mengangkat beliau sebagai rasul, yang merupakan rahmat bagi manusia. Wahyu beliau adalah dimulai dengan impian yang benar. Malaikat Jibril turun kepada beliau untuk mengajarinya bagaimana memimpin manusia ke jalan yang lurus.
Pada awalnya beliau berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Orang¬orang yang pertama kali beriman kepada beliau adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib dan Zaid bin Haritsah. Setelah 3 tahun, beliau diperintah oleh Allah untuk berdakwah secara terang-terangan. Selanjutnya beliau mengumpulkan kaumnya dan memperingatkan akan siksa akhirat, hingga turun ayat:
Artinya:
"Peringatkanlah keluargamu yang dekat-dekat."
Beliau SAW. mengumpulkan ahli dan kaum kerabat beliau seraya menyampaikan tentang agama Allah. Paman beliau yang bernama Abu Lahab menolak dengan cara yang tidak baik.
Sebelum kelahiran beliau, orang-orang Arab adalah para penyembah berhala. Mereka suka membunuh anak laki-Iaki dan menanam hidup¬hidup anak perempuan. Mereka mudah membunuh sebagian yang lain hanya karena hal-hal yang sepele. Oleh karena itu ketika beliau (Muhammad) SAW. mengajak mereka untuk menyembah Allah yang Esa, meninggalkan kepercayaan mereka, marahlah mereka. Mereka yang semula cinta kepada beliau berubah menjadi kebencian dan kemarahan; sedangkan mereka yang semula membenarkan beliau, telah berubah menjadi orang-orang yang mendustakan beliau.
Setiap kali beliau berdakwah, mereka pun segera pergi dan mengadukan kepada paman beliau (Abu Thalib) dan itu berlangsung sebanyak 3 kali. Lalu paman beliau meminta agar beliau menghen¬tikan dakwahnya. Beliau tetap menyiarkan agama. Sampai akhirnya paman beliau (Abu Thalib) justru membantu perjuangan beliau.
Ketika hal itu diketahui oleh orang-orang Quraisy (suku beliau), mulailah mereka menyakiti beliau. Hal itu dihadapinya dengan kesabaran, tenang dan suka memaafkan. Karena ancaman yang ditujukan kepada beliau tidak berhasil, sahabatnya lah yang dijadikan sasaran gangguan mereka. Di mana-mana tiap-tiap kabilah menyiksa siapa saja yang masuk Islam. Oleh karena itu Nabi Muhammad memerintah para sahabatnya agar berhijrah ke Habasyah. Berhij¬rahlah sepuluh orang sahabat laki-Iaki dan lima orang perempuan. Mereka kembali lagi ke kampung halaman setelah 3 bulan. Inilah hijrah pertama dalam Islam. Pada sa at itu paman beliau yang bernama Hamzah, dan Umar bin Khaththab masuk Islam.

Pada tahun ketujuh dari kenabian beliau, kaum Quraisy mengepung beliau serta keluarganya. Mereka memutuskan hubungan dengan beliau dan keluarganya. Mereka ingin keluarganya menyerahkan Nabi Muhammad yang hendak dibunuhnya. Hal itu ditulis oleh mereka dalam sepucuk surat dan digantungkan di Ka'bah. Ketika Nabi Muhammad terkepung itulah beliau memerintahkan kepada para sahabatnya agar berhijrah ke Habasyah. Hijrah ini dilaksanakan oleh tiga puluh tiga laki¬laki dan sebelas orang perempuan.
Pada tahun kesepuluh dari kenabian beliau, bangkitlah beberapa pemuka Quraisy untuk mengoyak surat terse but. Keluarlah Nabi Muhammad bersama para pengikutnya dari kepungan kaum Quraisy setelah tinggal 3 tahun lamanya dalam Syiib. Nabi Muhammad dan para pengikutnya memperoleh makanan dengan cara sembunyi-sembunyi. Pada tahun itu datanglah utusan Nashara Najran kepada beliau dan menyatakan masuk Islam. Pada tahun itu pula mening¬gallah isteri tercinta, yaitu Siti Khadijah, dan pamannya yang sangat menyayanginya, Abu Thalib.
Selanjutnya Nabi Muhammad menikah dengan Saudah, lalu menikah pula derigan Aisyah tetapi tidak berkumpul dengannya. Setelah wafatnya paman beliau, gangguan kaum Quraisy semakin hebat. Maka ber¬hijrahlah beliau ke Thaif menuju Bani Tsaqif. Di tempat itu beliau tinggal selama sebulan dan mengajak mereka masuk Islam, tetapi mereka menolak, bahkan melempari beliau dengan batu sehingga seluruh tubuh beliau berdarah. Beliau selanjutnya kembali ke Mekah.
Pada tahun kesebelas dari kenabian beliau, Allah memuliakan beliau dengan peristiwa Isra' dan Miraj. Pada peristiwa inilah diwajibkannya shalat lima waktu. Pada tahun itu beliau keluar untuk mengajak kabilah¬kabilah agar masuk Islam. Maka berimanlah enam orang dari bangsa Arab Madinah.
Pada tahun keduabelas dari kenabian beliau, datanglah kepada beliau 12 orang Madinah untuk masuk Islam, sehingga dengan begitu tersiarlah agama Islam di Madinah.
Pada tahun ketiga belas dari kenabian beliau, datang 73 orang laki¬laki dan 2 orang perempuan dari Arab Madinah dan menyatakan masuk Islam. Maka Islam semakin tersiar di Madinah. Pada tahun itu pula beliau memerintahkan kepada para sahabat agar berhijrah ke Madinah. Ketika kaum kafir Quraisy mendengar hal itu, mereka berniat untuk membunuh Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya datanglah perintah Allah agar beliau berhijrah, padahal malam itu rumah beliau tengah dikepung oleh kaum Quraisy. Allah melindungi beliau, dan beliau pun keluar rumah dengan aman ketika mereka tertidur.
D. Awal Mula Adanya Doa Qunut
Nabi S.A.W. bersama Abu Bakar ke Gua Hira' dan keduanya bersembunyi di situ selama tiga malam. Pada hari ketiga mereka berdua berjalan sampai di Quba.' Beliau tinggal di Quba' selama 22 malam. Pada saat itu beliau mendirikan "Masjid Quba." Beliau selanjutnya meneruskan perjalanan ke Madinah, waktu mendapati hari jum'at, maka beliau shalat jum'at, dan itulah Shalat jum'at pertama, sedangkan khotbahnya merupakan khotbah yang pertama dalam Islam. Ketika beliau menuju Madinah, keluarlah orang banyak untuk menemui beliau. Beliau singgah di rumah Abu Ayyub AI Anshari. Setelah menetap, beliau mengutus orang untuk mencari keluarga beliau yang ketinggalan di Mekah; lalu para utusan itu datang ke Madinah bersama 'Abdullah bin Abu Bakar.
Orang-orang musyrik Mekah menghalang-halangi orang-orang yang hendak berhijrah ke Madinah. Maka Nabi Muhammad SAW. berdoa di dalam shalatnya untuk orang-orang lemah yang berhijrah. Itulah awal mula adanya "Doa Qunut."
E. Nabi Muhammad pada Tahun Pertama Hijriyah
Pada tahun pertama Hijriyah, Rasulullah SAW. mendirikan Masjid, dan dikenal dengan nama "Masjid Nabawi" dalam tahun itu diadakanlah Adzan. Dalam tahun itu pula orang-orang Yahudi
Madinah dan oleh orang-orang munafiq Madinah menampakkan permusuhannya terhadap kaum Muslimin. Rasulullah S.A.W. mengadakan perjanjian dengan mereka. Dalam tahun itu juga Rasulullah S.A.W. mengutus pamannya dengan satu syariah untuk menyerbu kafilah Quraisy. Selanjutnya terjadilah peperangan demi peperangan. Rasulullah pernah ikut berperang sebanyak 27 kali, tidak ikut berperang sebanyak 47 kali. Dalam tahun itu pula Utsman bin Mazh'un, seorang sahabat nabi, meninggal dunia. Setelah mayatnya dikebumikan, beliau S.A.W. memerintahkan untuk menyiram makam terse but dengan air, dan oleh beliau lalu diletakkanlah batu di atas makam itu seraya berkata: "Batu ini adalah untuk menandai makam saudaraku."

F. Nabi Muhammad pada Tahun Kedua Hijriyah
Pada tahun kedua Hijriyah telah terjadi perang Waddan, Buwath, 'Usyairah, Badar Pertama dan Qarqaratul Kadar, semuanya itu belum menjurus pada pertempuran besar-besaran. Pada tahun itu pula terjadi perang Badar Besar, Rasulullah SAW. keluar bersama 313 orang laki-laki untuk menyerbu kafilah Quraisy. Kafilah Quraisy segera mengirimkan 650 orang, pertempuran dahsyat tidak terhindarkan lagi, dan kaum muslimin memperoleh kemenangan dengan gemilang. Kaum Muslimin menawan mereka serta mengambil harta-benda mereka. Pihak kafilah Quraisy telah terbunuh 70 orang, sedang dari pihak kaum Muslimin yang terbunuh hanya 14 orang. Rasulullah menentukan para tawanan dengan tebusan. Mereka yang kaya segera menebusnya, sedangkan yang miskin harus mengajari menu lis dan membaca pad a 10 anak orang Islam di Madinah sebagai tebusannya.
Dalam tahun itu juga terjadi perang Bani Qainuqa' (Qainuqa' adalah kaum Yahudi Madinah yang mengkhianati perjanjian dengan Rasulullah) hingga kaum Muslimin mengusir mereka dari Madinah.
Dalam tahun itu pula qiblat dipindahkan dari Baitul Maqdis ke Ka'bah; umat Islam wajib puasa Ramadhan, mengeluarkan zakat (Fitrah maupun Maal) dan dalam tahun itu juga disunnahkan shalat Hari Raya ('Idul Fitri dan 'Idul Adh-ha). Pada tahun itu pula telah terjadi pernikahan antara Ali bin Abi Thalib yang berumur 21 tahun dengan Fatimah (puteri Nabi Muhammad SAW.) yang ketika itu berumur 15 tahun. Dalam tahun itu pula Rasulullah SAW. menikah dengan Aisyah yang berumur 9 tahun, dan puteri Rasululah SAW. yang bernama Ruqayyah meninggal dunia.
G. Nabi Muhammad pada Tahun Ketiga Hijriyah
Pada tahun ketiga Hijriyah telah terjadi perang Ghathafan, Bahran dan Hamraul Asad, namun itu hanya pertempuran kecil. Dalam tahun itu pula telah terjadi perang Uhud. Orang Quraisy berkekuatan 3000 orang untuk membalas kekalahan mereka. dalam perang Badar, sedangkan kaum Muslimin berkekuatan 1000 orang. Pada perang itu kaum Muslimin yang meninggal sebanyak 70 orang, termasuk paman Nabi Muhammad yang bernama Hamzah. Pada saat itu seseorang bernama Ubai bin Khalf hendak membunuh beliau SAW., tetapi secara gesit beliau mencabut tombak dari salah seorang sahabat lalu ditusukkan kepada Ubai hingga menyebabkan kema¬tiannya. Seumur hidup beIiau S.A.W. tidak pernah membunuh seorang pun kecuali hanya sekali itu saja.
Dalam tahun itu pula Rasulullah SAW. menikahkan puterinya yang bernama Ummi Kultsum dengan Utsman bin Affan. Beliau menikah dengan Hafshah anak Umar bin Khaththab; dan dengan Zainab binti Khuzaimah AI Hulaliyyah. Pada tahun yang sarna lahirlah Hasan cucu Rasulullah SAW., anak dari Fatimah dan Ali.
Dalam tahun itu pula minuman keras diharamkan. Allah berfirman:
Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. Al Maaidah: 90)
Artinya:
Sesungguhnya setan itu bermaksud himdak menimbulkan permu¬suhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. Al Maaidah: 91)
H. Nabi Muhammad pada Tahun Keempat Hijriyah
Pada tahun keempat Hijriyah telah terjadi perang Banu Nadhir (Banu Nadhir adalah golongan kaum Yahudi Madinah yang mengkhianati perjanjian); Rasulullah SAW. lalu mengepung dan mengusir mereka dari kota Madinah. Dalam tahun itu juga telah terjadi perang Dzatur Riqa.' Dalam tahun itu Malaikat jibril mengajari shalat Khauf kepada Nabi SAW. dan dalam perang tersebut umat Islam memperoleh kelonggaran untuk bertayammum. Dalam tahun itu juga terjadi perang Badar yang terakhir. Isteri beliau yang bernama lainab binti Khuzaimah meninggal dunia. Dalam tahun itu pula lahir Husain anak AIi, dan pada tahun itu pula Rasulullah menikah dengan Ummu Salamah. Juga pada tahun yang sama Rasulullah menyuruh Zaid bin Tsabit belajar tulisan bahasa Yahudi.

I. Nabi Muhammad pada Tahun Kelima Hijriyah
Pada tahun kelima Hijriyah banyak kejadian-kejadian penting, antara lain sebagai berikut.
  • Terjadi perang Dumatul jandal.
  • Terjadi perang Banu Musthaliq (golongan mereka terbunuh 10 orang dan ada beberapa yang ditawan). Di antara tawanan ada seorangbernama juwairiyah, anak kepala suku Banu Musthaliq yang kemudian dinikahi oleh Rasulullah, sehingga kaumnya masuk Islam.
  • Terjadi perang Khandaq.
  • Terjadi perang Banu Quraidhah.
  • Rasululah menikah dengan lainab, janda laid bin Haritsah,
  • setelah Zaid bin Haritsah menceraikannya. - Diwajibkannya ibadah haji.
  • Turun Ayat Hijab.
J. Nabi Muhammad pada Tahun Keenam Hijriyah
Kejadian-kejadian dalam tahun keenam Hijriyah antara lain adalah:
  • Perang Banu Lahyan.
  • Perang Ghabah.
  • Perjanjian Hudaibiyyah.
  • Turun surat AI-Fath.
  • Rasulullah mengajak raja-raja di sekitar negeri Arab untuk masuk Islam.
K. Nabi Muhammad pada Tahun Ketujuh Hijriyah
Pada tahun ketujuh Hijriyah ada hal-hal penting antara lain:
  • Terjadi perang Khaibar.
  • Kaum Yahudi Fadak mengadakan perjanjian damai.
  • Kaum Yahudi Taimak rela membayar pajak pad a pemerintah Islam hingga mereka merasakan keamanan dalam negerinya.
  • Terjadi perang Wadi! Qura.
  • Rasulullah menikahi Shafiyyah, sesudah penaklukan Khaibar.
  • Rasulullah menikahi Maimunah di Mekah.
  • Tiga jenderal Quraisy masuk Islam, yaitu Khalid bin Walid, Amr
  • bin 'Ash dan Utsman bin Abi Thalhah.
L. Nabi Muhammad pada Tahun Kedelapan Hijriyah
Pada tahun kedelapan Hijriyah antara lain ada peristiwa penting:
  • Terjadi perang Mu'tah dengan orang-orang Roma.
  • Terjadi pembebasan kota Mekah, di mana Abu Sofyan, seorang penyelidik Quraisy masuk Islam; dan paman beliau yang bernama Abbas masuk Islam; lalu berturut-turut Abu Sofyan bin Harits dan Abdullah bin Umayyah juga masuk Islam. Kemudian Abu Quhafah (Ayah Abu Bakar Ash shiddiq) dan Mu'awiyah bin Abu Sofyan juga masuk Islam.
  • Terjadi perang Hunain.
  • Terjadi perang Thaif.
M. Nabi Muhammad pada Tahun Kesembilan Hijriyah
Pada tahun kesembilan Hijriyah ada hal-hal antara lain:
  • Terjadi perang Tabuk dengan tentara Rum
  • Abdullah bin Ubai, pemimpin kaum munafiq meninggal dunia.
  • Ummu Kultsum, puteri Rasulullah SAW. meninggal dunia.
N. Nabi Muhammad pada Tahun Kesepuluh Hijriyah
Pada tahun kesepuluh Hijriyah ada hal-hal berikut:
  • Rasulullah SAW. mengutus Ali bin Abu Thalib ke kabilah Yaman. Akhirnya kabilah tersebut masuk Islam.
  • Beliau S.A.W. mengutus Mu'adz bin Jabal ke data ran tinggi Yaman, dan mengutus pula Abu Musa AI Asy'ari ke dataran rendah.
  • Banyak pemimpin Arab yang masuk Islam.
  • Beliau SAW. melakukan Haji Wada' (haji minta diri), pada saat banyak pemimpin Arab yang masuk Islam.
  • Beliau SAW. melakukan Haji Wada' (haji minta diri), pada saat itu beliau berkhotbah, khotbahnya dikenal dengan sebutan "Khotbah Arafah," isinya banyak memberi pelajaran kepada manusia tentang pokok-pokok agama Islam.
  • Putera beliau yang bernama Ibrahim meninggal dunia.
O. Nabi Muhammad Pada Tahun Kesebelas Hijriyah
Pada tahun kesebelas Hijriyah ada hal-hal antara lain:
  • Beliau SAW. menyiapkan tentara yang dikepalai oleh Usamah bin Zaid dan menyuruh berangkat ke Ubna. Sebelum pasukan tersebut berangkat, beliau telah mulai sa kit, sehingga keberangkatan dibatalkan.
  • Dalam sakitnya, beliau minta izin kepada isteri-isterinya agar dizinkan dirawat di rumah 'Aisyah.
  • Sakit beliau semakin parah. Beliau menyuruh Abu Bakar Ash Shiddiq agar menjadi imam shalat bersama orang banyak.
  • Pada hari Senin tanggal 13 Rabiul Awwal beliau SAW. meninggal dunia. Innaa Iillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun.
  • Sebelum dimakamkan, jenazah beliau menetap di rumahnya hingga malam Rabu. Hal itu dimaksudkan agar orang-orang Islam selesai dalam memilih khalifah sebagai pengganti beliau. Beliau dimandikan, dikafani dengan tiga lapis kain baju. Setelah itu orang-orang Islam menshalatinya, jenazah beliau dimakamkan di rumah 'Aisyah.
0 komentar:

Posting Komentar

ALEXA

Mengenai Saya

Foto saya
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiyaa:35) Semoga menjadi kenangan Disaat saya Tidak Lagi Di Dunia Ini

Followers